KONFIGURASI VOIP PADA CISCO PACKET TRACER (1 ROUTER 3 SWITCH)


KONFIGURASI VOIP PADA CISCO PACKET TRACER (1 ROUTER 3 SWITCH)

Assalamu’alaikum wr. Wb.

Kembali lagi bersama saya.. apa kabar pembaca semuanyaaa…?
Kali ini saya akan kembali mengkonfigurasi voip, Cuma bedanyan saya menggunakan 1 router, 3 switch, 2 pc, 1 IP Phone, 1 home voip dan 1 analog phone. Kita langsung saja buat topologinya dan ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

1.      1. Buka aplikasi cisco packet tracer
2.      2. Buat topologinya seperti di bawah ini
3.      3. Hubungkan iphone power adaptor


4.      4. Lalu kita akan mulai mengkonfigurasi pada router. Klik pada router >> CLI




5.      5. Kemudian kita ke switch >> CLI


6.      6. Lalu kita hubungan Analog Phone dengan IP Phone. Dengan cara memanggil dial number yang telah diberikan. Disini saya memanggil dial number “121” menggunakan Analog Phone yang memiliki dial number “122”.

7.      7. Setelah itu kita akan menghubungkan IP Phone dengan PC. Disini IP Phone mempunyai dial number “121” sedangan PC “124”.


Pada kesempatan lain waktu saya ingin menyertakan penjelasan terkait dengan perintah perintah yang kita gunakan selama pengkonfigurasi pada CLI. Sekian dari saya, mohon maaf bila terdapat kesalahan penulisan. Semoga bermanfatt…

Wasssalamu’alaikum wr. wb.

Komentar

  1. Kok saya di telpon analognya nomornya gamasuk ya bang
    Cara ngatasinya gimana

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONFIGURASI CONTROL PANEL HOSTING EHCP PADA DEBIAN 9.4 DENGAN VIRTUALBOX

KONFIGURASI VOIP MENGGUNAKAN ASTERISK PADA VIRTUALBOX